Ticker posts

Loading...

Header Widget

Sawah Responsive Advertisement

Tradisi Kain Timur Di kabupaten Maybrat

Mode Kain Timur
Model Kain Timur

Maybrat,MEDIA FAJAR TIMUR.com - Di Provinsi Papua Barat terdapat tiga suku yang mendiami wilayah Kabupaten Maybrat yaitu Ayamaru, Aitinyo dan Aifat. Ketiga suku tersebut biasa disingkat menjadi A3. Kabupaten Maybrat merupakan daerah hasil pemekaran dari Kabupaten Sorong Selatan pada tahun 2009.

Kabupaten Maybrat Seperti daerah-daerah di Indonesia pada lazimnya yang masih memegang teguh tradisi-tradisi peninggalan nenek moyang. Salah satu tradisi yang terus dilestarikan adalah Tradisi Kain Timur.hal ini di sampaikan ganesa kepada media ini. Sabtu (01/10/2022)

Disampaikannya"Kain Timur diidentikkan dengan masyarakat Maybrat sebab setiap upacara-upacara adat, Kain Timur menjadi syarat utama yang harus dihadirkan.Ucap Ganesa

"Kain Timur yang digunakan dalam prosesi adat Kabupaten Maybrat ada beberapa jenis, diantaranya Kain Han Merah dan Hitam, Kain Bokek, Kain Boirim, Kain Serenta, Kain Toba, dan Kain Sarim"

Di tambahkan ganesa . Selain uang, ada Kain Timur yang jadi salah satu hal penting dalam pembayaran maskawin suku Maybrat, Papua Barat.

Konon kain-kain ini zaman dahulu dipakai sebagai alat tukar dari luar daerah, sehingga semakin lama kain ini disimpan sampai turun temurun maka nilai kain itu semakin tinggi. (*)

Red/CS

Posting Komentar

0 Komentar